Skin Care Untuk Pemula

Zaman Milenial seperti sekarang ini siapa sih wanita yang tidak tau apa itu Skin Care? banyak sekali remaja-remaja perempuan atau bahkan ibu-ibu yang ingin memperoleh wajah cantik sehat dengan berbagai macam rangkaian skin care. Nah Apa itu Skin Care? Skincare atau perawatan kulit adalah serangkaian aktivitas yang mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penampilan dan meringankan kondisi kulit.

Tetapi jangan sampai kita salah menggunakan produk skin care, karena tidak cocok akan menimbulkan berbagai macam masalah kulit seperti timbul jerawat, bruntusan yang lebih parah itu kalua timbul jerawat batu yang sangat sulit sekali di hilangkan.

Perlu kita ketahui bahwa pemakaian Skin Care itu untuk merawat kulit, jadi harus diikuti juga dengan berbagai macam tipe kulit kita agar selama melakukan perawatan Skin Care dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Hal paling dasar yang harus kita perhatikan saat memilih skincare adalah kondisi dan jenis kulit. Sebelum memakainya, kenali dulu jenis kulit kita, lalu pilih skincare yang tepat sesuai kondisi kulit. Beberapa orang akan memiliki kulit yang sensitif, berjerawat, kemerahan, atau terlalu kering. Untuk membantu menentukan jenis kulit kita, diskusikan langsung dengan dokter, agar kita tidak salah membeli produk dan membahayakan kulit wajah kita. 

Jika kita sudah menentukan jenis kulit, berikut cara memilih skincare sesuai dengan jenis kulit:

  • Kulit Berminyak

Dibandingkan dengan jenis kulit kering, pemilik kulit berminyak memiliki lebih banyak keunggulan, yaitu wajah tidak mudah keriput, sehingga lebih awet muda. Hal buruknya adalah, pemilik kulit berminyak akan lebih rentan mengidap masalah kulit, di antaranya adalah komedo, jerawat, dan pori-pori besar. Cara memilih skincare yang cocok untuk kulit berminyak adalah yang tidak mengandung minyak.

Jangan lupa untuk memakai pelembap, karena kulit berminyak juga butuh pelembab yang kadarnya lebih sedikit daripada yang dibutuhkan pemilik kulit kering. Selain itu, kulit berminyak cocok dengan skincare yang teksturnya berbentuk gel. Jangan lupa untuk memperhatikan kemasan dan petunjuk penggunaan. Kemudian cari tahu apakah produk tersebut cocok untuk pemilik kulit berminyak.

  • Kulit Kusam

Kulit kusam biasanya dialami oleh pemilik kulit kering. Namun, dengan melakukan perawatan yang tepat, masalah kulit kusam dapat diatasi dengan baik. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh pemilik kulit kusam adalah dengan selalu menggunakan tabir surya setiap bepergian ke luar rumah. Selain itu, pilih jenis skincare yang dapat melembapkan kulit dan memiliki efek mencerahkan. Dengan begitu, wajah tidak akan terlihat kusam.

  • Kulit Kering

Pemilik kulit kering akan lebih rentan terhadap keriput, jadi tidak heran kalau garis halus lebih mudah terlihat. Wajah pemilik kulit kering juga lebih rentan terlihat kusam dan tidak bercahaya. Kulit kering ini biasa jadi masalah yang sangat berarti jika kamu tinggal atau melakukan traveling di tempat dengan cuaca dingin.

Selain cuaca yang dingin, pemilik kulit kering juga harus mewaspadai terjadinya perubahan hormon. Untuk mencegah kulit kering semakin bertambah parah, pemilik kulit kering jangan terlalu sering mencuci wajah dengan air hangat, serta memilih skincare sesuai jenis kulit dengan bahan yang melembapkan, seperti hydrating toner.

Pemilik kulit kering lebih cocok menggunakan skincare dengan tekstur krim atau balm. Hindari produk skincare dengan bahan dasar alkohol, karena alkohol akan menyerap air pada wajah dan membuat kulit semakin kering.

  • Kulit Sensitif

Jenis kulit sensitif bisa memiliki kulit kering atau berminyak, yang membedakannya adalah respon yang ditunjukkan kulit saat mengalami kontak dengan zat kimia atau bahan tertentu. Jika kulit kamu mengalami kemerahan saat memakai produk skincare tertentu, sebaiknya segera dihentikan. Hindari juga produk dengan kandungan alkohol, dan pilih skincare dengan kandungan bahan alami yang direkomendasikan untuk kulit sensitif.

Ada puluhan, bahkan ratusan produk skincare yang beredar di pasaran untuk masing-masing jenis kulit. Tentu saja, tidak semua produk kecantikan cocok untuk kulit kamu. Jadi, dalam hal ini kamu perlu benar-benar memerhatikan dengan baik. Sebelum memakai skincare, ada banyak yang mesti dipertambangkan terlebih dulu, supaya kamu tidak salah pilih.

Jika kita sudah mengetahui jenis kulit yang kita miliki, maka rutinitas perawatan kulit sehari-hari dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan dan meminimalisir masalah spesifik seperti jerawat, jaringan parut, dan bintik-bintik gelap. Rutinitas perawatan kulit harian memiliki lima langkah dasar yang dapat kita lakukan, terutama di pagi hari. Berikut adalah langkah perawatan kulit atau penggunaan skincare yang dapat Anda lakukan.

 

1. Cleansing Pilih pembersih yang tidak membuat kulit Anda kencang setelah dicuci. Bersihkan wajah Anda tidak lebih dari dua kali sehari, atau hanya sekali, jika Anda memiliki kulit kering dan jangan memakai makeup. Hindari mencuci muka hanya untuk rasa bersih-bersih karena itu berarti minyak alami kulit Anda hilang. Pembersih yang dikenal bekerja dengan baik untuk semua jenis kulit termasuk Cetaphil dan Banila Clean It Zero Sherbet Cleanser.

 

2. Toner dan cara menggunakannya Dilansir dari laman The New York Times, bagi banyak orang, kata "toner" mengingatkan astringen menyengat dari tahun 80-an. "Yang asli adalah produk berbasis alkohol yang digunakan untuk mengeringkan kulit berminyak dan menghilangkan kotoran sisa setelah pembersihan," kata Dr. Nazarian. Namun, saat ini formula tersebut telah berevolusi. Pikirkan itu sebagai suplemen - cairan tipis yang memberikan tambahan nutrisi, dan menyeimbangkan warna kulit Anda. Ahli estetika Kota New York Jordana Mattioli mengatakan dan, menganggap toner sebagai opsional. “Ini bisa menjadi cara yang baik untuk menambahkan bahan-bahan spesifik yang mungkin tidak Anda miliki dalam produk lain atau menambahkan lapisan kulit lainnya,” ujarnya. Saat menggunakan toner ada baiknya jika Anda langsung menuangkan beberapa tetes ke telapak tangan Anda lalu mengusapkannya pada wajah. Hal ini lebih efektif daripada menuangkan toner ke kapas terlebih dahulu baru ke wajah.

 

3. Serum Serum dengan vitamin C atau faktor pertumbuhan atau peptida akan lebih baik digunakan pada pagi hari, di bawah tabir surya. Sedangkan di malam hari, serum dengan bahan retinol atau retinoid akan bekerja paling baik. Makeup Artist's Choice memiliki vitamin C dan E serum dan retinol yang efektif.

 

 4. Pelembab Bahkan kulit berminyak sekalipun juga membutuhkan pelembab, tetapi gunakan pelembab yang ringan, berbasis gel, dan tidak komedogenik, atau tidak menghalangi pori-pori Anda, seperti lotion wajah. Kulit kering mungkin mendapat manfaat dari lebih banyak pelembab berbasis krim seperti MISSHA Super Aqua Cell Renew Snail Cream. Sebagian besar merek akan memberi label produk mereka sebagai gel atau krim pada kemasan mereka.

 

5. Tabir surya atau sunscreen Oleskan tabir surya dengan setidaknya 30 SPF 15 menit sebelum menuju ke luar, karena diperlukan beberapa saat untuk mengaktifkan tabir surya. Warna kulit yang lebih gelap sebenarnya membutuhkan lebih banyak perlindungan dari sinar matahari karena hiperpigmentasi lebih sulit untuk diperbaiki. Guna mendapat efek yang maksimal dari tabir surya ada baiknya Anda menggunakannya secara berulang setiap tiga atau empat jam sekali. Tabir surya selain berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari juga berfungsi untuk mencegah terjadinya penuaan dini, munculnya bintik hitam di wajah hingga mencegah terjadinya kanker kulit.

 

Setelah kita melakukan berbagai macam rangkaian Skin Care tersebut, hendaklah di lakukan sesuai dengan urutannya supaya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan, dan perlu diingat sekali lagi bahwa harus cocok dalam produk tersebut, Apabila sudah cocok, pakailah dengan teratur dan jangan sampai pilih-pilih lagi dengan produk skin care yang tidak jelas atau mengandung bahan kimia seperti Merkuri, karena itu sangat membahayakan kulit wajah kita.



 

 




 

Skincare atau perawatan kulit adalah serangkaian aktivitas yang mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penampilan dan meringankan kondisi kulit

Baca selengkapnya di artikel "Mengenal Arti Skincare dan Tahapan Merawat Kulit", https://tirto.id/eimA
Skincare atau perawatan kulit adalah serangkaian aktivitas yang mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penampilan dan meringankan kondisi kulit.

Baca selengkapnya di artikel "Mengenal Arti Skincare dan Tahapan Merawat Kulit", https://tirto.id/eimA
Skincare atau perawatan kulit adalah serangkaian aktivitas yang mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penampilan dan meringankan kondisi kulit.

Baca selengkapnya di artikel "Mengenal Arti Skincare dan Tahapan Merawat Kulit", https://tirto.id/eimA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RGI Pembentuk Generasi Muda Berakhlakul Karimah

Target Hafalan Al-Quran selama di RGI