Target Hafalan Al-Quran selama di RGI


Assalamu'alaikum Wr.Wb

Rumah Gemilang Indonesia (RGI) merupakan rumah diklat yang berbasis Pondok Pesantren, selain untuk bisa mematangkan sebuah skill disini juga saya dapat mempelajari ilmu Al-qur'an serta dapat menghafalnya secara maksimal walaupun hanya selama 4 bulan. Disini saya akan berbicara tentang Target Hafalan Al-Qur'an saya selama di Rumah Gemilang Indonesia (RGI).

Target hafalan Al-Qur'an saya selama di RGI adalah 3 juz, yaitu juz 30, juz 2, dan juz 3. Alhamdulillah saya cukup memuraja'ah hafalan karena saya pernah menghafalnya sewaktu saya masih di pondok pesantren. Di Rumah Gemilang Indonesia (RGI) waktu menghafalnya adalah ketika Sehabis Sholat Shubuh dan ketika setelah selesai Sholat Isya'. Kalau saya sendiri cara memuraja'ah hafalannya adalah ketika selesai sholat isya' barulah saya menghafal 1-3 surat pada Al-Qur'an setelah itu pada waktu selesai Sholat Shubuh langsung memuraja'ah sebentar dan disetorkanlah hafalan saya kepada penerima setoran yang telah ditentukan pada setiap tho'ifah. Wali Asrama putri kami sekaligus pembimbing hafalan Al-Qur'an kami adalah Ka April, beliau sangat supel dalam mengajarkan ilmu tajwid didalam Al-Qur'an dengan tartil bacaan yang sangat ditekankan oleh beliau. Awalnya saya sama sekali tidak memuraja'ah hafalan semenjak lulus karena banyak seklai hal yang saya kerjakan sampai saya lupa waktu untuk memuraja'ah hafalan-hafalan yang saya miliki.

Mungkin karena petunjuk dari Allah swt. saya bisa masuk Rumah Gemilang Indonesia (RGI) dengan berbagai manfaat yang saya peroleh. Salah satunya adalah target hafalan saya yang setiap seminggu sekali mengulang dan terus mengulang hafalan sehingga, dapat mengingat kembali hafalan yang telah lama belum di muraja'ahkan. Tak hanya itu di RGI juga dapat memahami tanda baca-tanda baca yang ada, sehingga semakin mumtaz ilmu yang saya dapatkan selama belajar di Rumah Gemilang Indonesia ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RGI Pembentuk Generasi Muda Berakhlakul Karimah